Tampil di halaman pertama google adalah sesuatu yang diinginkan semua orang, tetapi tidak selalu mudah untuk dicapai. Ini tergantung pada banyak faktor, tetapi pada dasarnya itu tergantung pada persaingan untuk kata kunci yang Anda kerjakan. Jauh lebih mudah untuk memposisikan kata kunci dengan sedikit persaingan daripada yang banyak.
Secara keseluruhan, ini bukan hanya apa yang akan membuat posisi situs web kita lebih baik atau lebih buruk. Setidaknya ada 200 faktor peringkat . Di antara yang paling penting, kami dapat menyoroti EAT yang sesuai dengan akronim untuk Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness . Oleh karena itu, kami dapat mengatakan bahwa jika Anda memiliki situs web yang andal dan relevan dengan pengalaman di sektor yang ingin Anda posisikan, Anda akan memiliki banyak hal yang dilakukan.
Sebelum kita membahas EAT dan faktor lainnya, mari kita lihat apa yang harus kita lakukan agar situs web kita muncul di Google. Sebelum memposisikan diri kita harus tampil di mesin pencari.
Sekitar 75% orang tidak membuka halaman kedua Google saat melakukan pencarian. Meskipun kedengarannya agak berlebihan, tapi memang itu kenyataannya. Itu berarti Anda tidak boleh berada di halaman kedua, ketiga, atau keempat; Anda tidak akan mendapatkan klik dan lalu lintas yang diperlukan untuk membuat pengoptimalan mesin telusur sepadan dengan waktu dan uang Anda.
Plus, Anda perlu mendapatkan lalu lintas organik itu, karena 93% pengalaman online dimulai dari mesin pencari. Dalam hal ini, kami mengingatkan Anda bahwa lebih dari satu triliun pencarian internet dilakukan setiap bulan.
Masalahnya rata-rata pemilik situs web tidak memiliki kekuatan untuk menentukan peringkat di halaman pertama Google hanya dengan menggunakan kata kunci terbaik.
Tampil di Halaman Pertama Google
Agar website kita tampil di Google, cukup dengan melakukan tiga poin yang saya paparkan di bawah ini:
Periksa robots.txt
Ada kesalahan yang sangat umum yang tidak mengizinkan robot mesin pencari untuk merangkak. Biasanya ketika kami membuat desain halaman web, kami cenderung melapisi perayapan di robots.txt sehingga Google tidak mengindeksnya. Ini tidak sepenuhnya benar, karena menghindari perayapan web tidak berarti kita menghindari pengindeksan. Jika yang kita inginkan adalah menghindari pengindeksan, yang harus kita lakukan adalah menambahkan tag meta noindex. Tentu saja, setelah kita selesai membuat web, kita harus menghapus meta tag noindex dan meletakkan halaman di index.
Buat peta situs
Poin penting lainnya adalah membuat file sitemap.xml . Dengan ini kami akan memudahkan pelacakan web oleh Google karena kami akan menyediakan tempat di mana Anda dapat melihat berbagai halaman yang dimiliki situs web kami.
Kirim peta situs melalui Google Search Console
Google Search Console adalah alat yang memungkinkan kita melihat apa yang diketahui Google tentang situs web kita. Kami dapat menyebutnya sebagai pusat komunikasi Google mengenai penentuan posisi web dengan kami.
Melalui tool ini kita dapat mengirimkan sitemap.xml. Dengan cara ini, kami tidak hanya akan memberi Anda tempat untuk melacak semua URL menarik di situs web kami, tetapi kami juga akan menunjukkan di mana tempat itu.
Cara tampil di halaman pertama google
Sekarang ya, setelah Google dapat merayapi dan mengindeks situs web kita dengan benar di Google, ada beberapa poin dasar berbeda yang harus kita perhitungkan agar muncul di halaman pertama . Mari kita lihat apa mereka.
Buat konten berkualitas
Dari Google, mereka tidak menghentikan kami untuk mengatakan bahwa yang paling penting dalam hal penentuan posisi adalah kualitas konten . Jika Anda perhatikan, memenuhi persyaratan EAT berarti membuat konten berkualitas. John Muller tidak pernah bosan mengulanginya. Di sini Anda dapat melihat beberapa tweetnya:
Seperti yang Anda lihat, ini menekankan bahwa konten harus unik dan berkualitas dan bahwa kami tidak boleh membuat pengulangan posting atau menggunakan alat yang menghasilkan konten secara otomatis. Memang benar bahwa banyak situs web memposisikan diri mereka dengan konten berkualitas sangat rendah atau bahkan dibuat sendiri, tetapi itu akan menjadi masalah waktu sebelum Google akhirnya menjatuhkan mereka.
Jika kita berhenti untuk memikirkan hal ini, apa yang terlintas dalam pikiran adalah bahwa teks yang panjang diperlukan untuk memposisikan? Dan jawaban saya adalah, itu tergantung. Itu akan tergantung pada apakah Anda memenuhi maksud pencarian.
Ada banyak posting dengan beberapa kata yang memposisikan diri mereka di hasil pencarian pertama dan pada dasarnya karena mereka menanggapi niat pencarian. Sekarang, kapan pun Anda dapat menambahkan nilai lebih, lakukanlah . Logikanya itu akan membuat teks lebih panjang, tetapi itu tidak berarti bahwa teks harus benar-benar menjadi X kata untuk diposisikan.
Lakukan studi kata kunci
Melakukan penelitian kata kunci adalah dasar. Kita harus tahu bagaimana pengguna mencari karena berada di halaman pertama untuk istilah yang nantinya tidak ada pencarian tidak akan membantu kita sama sekali.
Ini bukan pertama kalinya seseorang memberi tahu kami, saya telah berhasil memposisikan kata kunci ini. Kemudian Anda menyelidikinya dan Anda menyadari bahwa, tentu saja, ia telah berhasil memposisikan dirinya karena karena tidak ada pencarian tentangnya, persaingan tidak membuang waktu untuk mencoba memposisikan dirinya untuk istilah-istilah itu.
Melakukan studi kata kunci tidak hanya akan membantu kami mengetahui bagaimana pengguna, pelanggan, atau calon pembaca kami mencari, tetapi juga akan memungkinkan kami untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa banyak persaingan yang ada dan bagaimana kami harus menyusun konten kami.
Jaga arsitektur situs web Anda
Dengan mempelajari kata kunci kita juga bisa mendapatkan arsitektur yang seharusnya dimiliki website kita. Arsitektur situs web tidak lebih dari struktur situs. Memiliki struktur yang memadai akan membantu kita menghindari kanibalisasi dan memfasilitasi penciptaan tautan internal yang optimal .
Juga, salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah strukturnya tidak terlalu dalam. Dengan kata lain, kita harus mencegah pengguna untuk mengklik lebih dari 3 atau 4 kali untuk mencapai konten, produk, dll. Untuk ini kami dapat membantu diri kami sendiri dengan kategori dan/atau label.
Pertimbangkan pengalaman pengguna
Tidak hanya kita harus membuat konten yang berkualitas, kita juga harus memperhatikan pengalaman pengguna . Memang benar bahwa, meskipun secara tidak langsung, membuat konten berkualitas menjaga pengalaman pengguna. Tetapi biasanya, ketika kami merujuk pada pengalaman pengguna, kami mengacu pada fakta bahwa pengguna yang akan menggunakan situs web kami memiliki pengalaman yang baik. Artinya, bahwa mereka tidak berakhir tegang setiap saat atau bahwa mereka tersesat.
Meringkas sedikit artikel yang baru saja saya tautkan kepada Anda, Data Web Inti terdiri dari 3 metrik, LCP, CLS, dan FID yang berarti dan mengukur sebagai berikut:
- LCP menunjukkan waktu yang dibutuhkan situs Anda untuk menyelesaikan pemuatan hingga elemen terbesar terakhir
- CLS mengacu pada stabilitas elemen pada halaman saat mereka berubah. Artinya, memeriksa apakah ada elemen yang berubah posisi pada saat memuat.
- FID yang menunjukkan waktu respons situs Anda setelah pengguna melakukan klik pertama .
Seperti yang Anda lihat, itu tidak lagi hanya terbatas pada berapa lama waktu yang dibutuhkan situs web untuk memuat.
Gunakan data terstruktur
Data terstruktur adalah cuplikan kode dalam format JSON-LD dan bahasa Skema yang membantu mesin telusur lebih memahami konten laman web . Berkat ini, Google akan memahami apa yang Anda lakukan, di mana bisnis Anda, apa layanan Anda, dll. Selain itu, ini juga akan memudahkan Google untuk menampilkan hasil Anda dengan cuplikan kaya yang akan membuat hasil Anda lebih terlihat dan meningkat RKPT Anda.
Oleh karena itu, memanfaatkan data terstruktur akan membantu Anda memposisikan situs web Anda dengan lebih baik dan mengapa tidak? untuk berada di halaman pertama.
Lakukan pembuatan tautan
Beli tautan. Ya, Anda membacanya dengan benar, membeli tautan. Logikanya Anda tidak bisa membeli link dengan cara apapun. Pertama, Anda harus mempelajari pesaing Anda, berapa banyak tautan yang mereka miliki, jenis apa, seberapa sering mereka mendapatkannya, di mana mereka menunjuk, apakah mereka mengikuti atau tidak mengikuti, jenis jangkar, dll. Ayo yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana membuat Google menelan bahwa tautan yang Anda beli itu mendapatkannya secara alami.
Ini bukan pekerjaan yang bisa dilakukan siapa pun, jadi saya sarankan jika Anda tidak terbiasa dengannya, hubungi konsultan SEO yang dapat membantu Anda dengan strategi penautan. Bukan omong kosong, jika Anda tidak melakukannya dengan baik, Anda dapat dikenakan sanksi dan mencabut penalti link building sangat rumit.
Seperti yang Anda lihat, memposisikan situs web di halaman pertama Google bukanlah omong kosong. Ada banyak faktor yang mempengaruhi positioning.
Sekarang giliranmu
Kami sudah memberi tahu Anda bahwa muncul di halaman pertama Google hampir tidak mungkin jika Anda baru memulai. Pemimpin hasil SERP Google telah memproduksi konten selama bertahun-tahun dan mendominasi semua kata kunci.
Banyak dari mereka juga telah menghabiskan jutaan rupiah untuk kampanye iklan beranggaran besar. Jadi Anda tidak bisa berharap untuk peringkat pertama jika Anda baru. Anda masih membutuhkan lalu lintas organik untuk meningkatkan, mempertahankan, dan mengembangkan bisnis Anda.
Apa yang harus Anda lakukan? Jadilah kreatif! Dan investasikan waktu dan uang Anda dengan benar. Agar Anda tidak melupakan apa yang kami jelaskan kepada Anda, kami memberikan ringkasan singkat tentang taktik penentuan posisi yang Anda pelajari hari ini: Cobalah untuk meneliti dan menghasilkan konten untuk kata kunci yang panjang. Tambahan bacaan artikel tentang SEO.
Bagaimana Agar Tampil di Halaman Pertama Google?