Jika telepon seluler Anda tidak dapat terkoneksi dengan jaringan internet dari Telkomsel, jangan memvonis provider atau handphone Anda yang bermasalah. Bisa jadi ada penyebab lain yang Anda tidak diketahui. Apalagi saat ini jaringan Telkomsel sudah menyebar cukup luas.
Penyebab Seluler Tidak Koneksi dengan Internet
Berikut ini beberapa penyebab seluler yang menggunakan kartu seluler Telkomsel tidak dapat terhubung dengan jaringan internet Telkomsel.
1. Pastikan Anda masih memiliki pulsa yang cukup
Sering kali tanpa disadari, pengguna tidak mengetahui bahwa pulsa yang dimiliki habis atau tidak cukup untuk mengakses internet. Untuk itu segera isi pulsa atau bayar tagihan melalui aplikasi MyTelkomsel, MyGraPARI, Asisten Virtual Veronika atau tempat lainnya. Anda bisa memanfaatkan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel pada kanal-kanal aplikasi berikut:
- LINE: tsel.me/lineVA2
- Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
- Telegram: tsel.me/telegramVA2
- Situs Web: www.telkomsel.com
- WhatsApp: tsel.me/wa2
- Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
2. Pastikan Anda memiliki kuota Internet
Pastikan koneksi data aktif dan memiliki kuota internet. Cek sisa kuota Anda melalui aplikasi MyTelkomsel, situs web MyTelkomsel, UMB di *888#, atau Asisten Virtual Veronika dengan cara ketik “Cek Kuota”.
Jika Anda tidak memiliki kuota, silakan membeli paket di aplikasi MyTelkomsel, situs web MyTelkomsel, UMB *888# atau Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel. Anda dapat menggunakan Veronika pada kanal-kanal aplikasi berikut:
- LINE: tsel.me/lineVA2
- Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
- Telegram: tsel.me/telegramVA2
- Situs Web: www.telkomsel.com
- WhatsApp: tsel.me/wa2
- Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
3. Cara Setting APN Telkomsel
Bisa saja seluler tidak dapat koneksi karena seeting APN berubah. Pastikan APN di ponsel Anda sudah terkonfigurasi dengan benar. Pengaturan APN Anda harus dikonfigurasi ke ‘Internet’ dengan username dan password yang dikosongkan.
Ikuti petunjuk di bawah ini untuk Pengaturan APN 4G Telkomsel:
- Setting APN di ponsel Android: Settings > Mobile Network Setting > Access Point Names > Isi pengaturan APN baru Anda. Ketik ‘Internet’ dan kosongkan username serta password Anda.
- Setting APN di ponsel iOS: Menu Settings > Cellular > Cellular Data Options > Cellular Data Network, lalu isi pengaturan APN Anda
4. Refresh Jaringan
Bagaimanapun terkadang ada gangguan jaringan. Untuk itu refresh jaringan Anda dengan cara Airplane Mode (On, kemudian Off kan kembali). On, untuk mengaktifkan Mode dan Off untuk mematikan Mode. Pastikan memilih Mode jaringan yang single network 2G/3G/4G only, dan coba di Perangkat yang lain.
5. Pindah lokasi
Jika Anda mengakses internet dari dalam gedung, cobalah pindah ke bagian lain dari gedung yang memiliki koneksi jaringan lebih kuat. Misalnya, pindah dari basement ke area terbuka.
6. Hubungi pihak Telkomsel
Apabila Anda masih mengalami kendala yang sama, jangan ragu untuk menghubungi Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel di kanal-kanal berikut:
- LINE: tsel.me/lineVA2
- Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
- Telegram: tsel.me/telegramVA2
- Situs Web: www.telkomsel.com
- WhatsApp: tsel.me/wa2
- Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
- Facebook Telkomsel
- Twitter @Telkomsel
- Email : cs@telkomsel.co.id
- Call Center 188
PT Telekomunikasi Seluler (TELKOMSEL)
PT Telekomunikasi Seluler atau lebih dikenal dengan Telkomsel yang sudah beroperasi lebih 25 tahun ini (didirikan pada 26 Mei 1995 di Jakarta) terus mengembangkan jaringan dan layanan pelanggan seiring kemajuan teknologi informasi.
Salah satu cara praktis untuk mengetahui layanan-layanan Telkomsel beserta permasalahan yang ada adalah dengan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel. Tidak perlu datang lagi ke GraPARI seperti sebelumnya.
Kantor Pusat: Telkomsel Smart Office. Telkom Landmark Tower. Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 52. Jakarta Selatan 12710.