Apa itu Blog dan Untuk Apa?

Apa itu blog

Anda pernah mendengar bahwa blog sangat penting untuk meningkatkan strategi pemasaran online Anda, tetapi apakah itu benar-benar penting? Nah, dalam posting ini Anda akan melihat  apa sebenarnya blog itu dan apa kegunaannya saat ini .

Bahkan, salah satunya dapat membantu Anda  mendapatkan hasil yang lebih baik  daripada halaman web sederhana. Alasannya adalah mereka membantu kami meningkatkan semantik web dan kata kunci posisi yang tidak kami serang dari berbagai bagian situs web kami. Baca terus dan lihat alasannya.

Apa itu blog dan apa bedanya dengan website?

Blog adalah sumber daya digital yang sering digunakan untuk  mempublikasikan konten, dengan tujuan memenuhi strategi pemasaran. Meskipun Anda dapat menemukan sumber daya yang ditujukan untuk memenuhi fungsi pribadi dan belum tentu komersial.

Namun, penggunaannya yang paling umum saat ini adalah untuk menawarkan  konten yang menghibur, menginformasikan, atau mendidik  dengan tujuan mencapai penjualan (atau rekomendasi) suatu produk atau layanan.

Dan dari mana istilah itu berasal?  Selama dekade pertama ledakan sumber daya digital ini, mereka disebut “log web”. Seiring waktu, itu disingkat menjadi hanya “blog.” Kata lain seperti blogging (memposting konten) atau blogger (orang yang memposting konten itu) berasal dari sana, tetapi meskipun ini dianggap sebagai halaman web.

Sebenarnya ada banyak perbedaan mengapa mereka tidak hanya disebut “situs”.

  • Sebuah situs web dapat memiliki banyak halaman, dan salah satunya dapat berupa blog, tetapi biasanya independen dan halaman yang dimilikinya merupakan bagian dari kategorinya.
  • Tujuan utamanya adalah untuk  mempublikasikan konten, juga dikenal sebagai artikel atau posting , sementara situs mempromosikan layanan atau produk dengan cara yang sangat spesifik.
  • Dalam publikasi konten  , interaksi pengguna juga diperbolehkan melalui komentar , sementara tidak mungkin di situs.
  • Konten dapat berupa topik terkini dan terkini , topik yang tidak mudah rusak atau selalu hijau dipublikasikan di situs, yang sebagian besar waktu tidak kehilangan relevansinya dari waktu ke waktu.
  • Strategi publikasi artikel  memungkinkan pengembangan pemasaran konten , yang menjamin daya tarik pengguna dan pelanggan potensial dengan cara yang non-invasif.

Keuntungan memiliki blog

Ketika Anda merujuk ke blog bisnis, keuntungan utama memilikinya adalah  untuk penerapan strategi pemasaran masuk . Ini terdiri dari metodologi untuk menarik pelanggan potensial melalui strategi minimal invasif, konten menjadi salah satunya.

Tetapi untuk  menarik jumlah lalu lintas yang baik,  Anda perlu memiliki salah satunya, karena ini akan memfasilitasi pemosisian Anda dalam skenario yang berbeda, seperti di halaman hasil pencarian Google.

Dengan memiliki situs yang dioptimalkan dengan baik, dimungkinkan untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari, yang ideal untuk menarik semua jenis pengguna, termasuk mereka yang paling tertarik untuk membeli. Meskipun sumber daya ini dirancang untuk menginformasikan, menghibur, dan mendidik, Anda juga dapat  menggunakan teknik untuk menerapkannya pada strategi bisnis , seperti bercerita.

Ini bukan satu-satunya keuntungan. Yang paling menonjol, terlepas dari apakah Anda memiliki bisnis atau pribadi, adalah sebagai berikut:

  • Ini memungkinkan  Anda untuk terus mengikuti tren , sambil mencoba berbagai strategi untuk menarik lebih banyak pengguna .
  • Ini menghasilkan interaksi yang lebih besar dengan pengguna, sehingga  tingkat kepercayaan juga meningkatkan reputasi situs sebagai referensi .
  • Ini adalah  strategi jangka panjang yang efektif . Dalam hubungannya dengan teknik SEO Anda dapat memposisikan diri Anda selama bertahun-tahun.
  • Saat ini,  ini adalah metode terbaik untuk dilakukan tanpa berinvestasi terlalu banyak , karena ada pengelola konten yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya secara gratis.
  • Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang . Ada banyak metode untuk memonetisasi salah satu situs web ini, seperti penjualan ruang iklan.
  • Ini mendorong  kolaborasi antara para profesional untuk menyebarkan konten berkualitas tinggi , serta tautan ke situs otoritas tinggi.
  • Ini memungkinkan mempromosikan atraksi dan strategi konversi lainnya , seperti mengirim buletin dengan konten.

Kenapa harus punya blog?

Terlepas dari alasan yang disebutkan di atas, untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari strategi pemasaran konten,  Anda juga dapat menggunakan blog untuk berbagai tujuan .

Misalnya, untuk mendapatkan penghasilan tambahan, mencari pekerjaan, menyebarkan informasi, atau mempromosikan suatu acara. Yang benar adalah bahwa sumber daya ini sangat mudah dibentuk dan memungkinkan Anda untuk menciptakan  peluang bisnis di luar konvensional .

Untuk jurnalis atau penulis independen, mereka adalah  metode yang sangat baik untuk membiayai diri mereka sendiri atau mendapatkan sumber daya ekonomi  untuk investigasi mereka. Demikian juga, ini bisa menjadi pelengkap sempurna bagi influencer yang ingin memonetisasi citra mereka di luar jejaring sosial. Di antara tujuan paling populer untuk memiliki blog adalah sebagai berikut.

Dapatkan uang dari posting

Banyak pakar pemasaran konten mengatakan bahwa blog bisa menjadi bisnis sendiri. Banyak sumber pendapatan yang dapat dihasilkan,  di antaranya adalah kemungkinan memenangkan hadiah dengan publikasi.

Misalnya, kontes SEO tahunan Dinorank adalah salah satu yang paling populer di industri ini. Ini terdiri dari bersaing untuk menempatkan beberapa kata kunci. Hadiah sering kali sangat didambakan, dalam hal ini versi 2020 menampilkan  kompensasi €5.000 dan seperangkat alat SEO .

Cara lain yang paling umum untuk memonetisasi sumber daya ini adalah sebagai berikut:

  • Komisi Afiliasi : Ini terdiri dari mempromosikan layanan atau produk melalui tautan yang menghasilkan keuntungan untuk setiap klik.
  • Ruang iklan : Header dan sisi situs dapat digunakan sebagai ruang iklan, dan dapat dipromosikan melalui sistem periklanan berbayar seperti Google Ads.
  • Rekomendasi : Dalam hal ini, situs web harus memiliki pandangan tingkat tinggi untuk menawarkan paket rekomendasi kepada perusahaan lain, melalui artikelnya.

Jual produk atau layanan

Ini adalah blog bisnis khas yang digunakan  untuk menarik pengguna yang mungkin menjadi pelanggan potensial . Ini adalah strategi yang sangat non-invasif yang memiliki persaingan yang sangat baik terhadap iklan tradisional dan bahkan terhadap iklan digital. Hal ini karena kebiasaan konsumsi pelanggan sudah mulai berubah, sehingga mereka kini membutuhkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalannya.

Isinya sangat bagus untuk menawarkan data nilai itu. Misalnya, artikel yang membahas tentang tips membersihkan PC di rumah bisa sangat berguna bagi pengguna yang tidak memiliki uang atau waktu untuk merawat komputer mereka. Selain itu, ini juga berfungsi sebagai pos daya tarik untuk perusahaan layanan TI, karena bantuan ahli akan direkomendasikan selama artikel ini.

Salah satu contoh terbaik di sektor ini adalah Raiola Networks. Ini adalah web hosting atau penyedia layanan penyimpanan. Mereka berbicara tentang topik yang berkaitan dengan WordPress, positioning, antara lain terkait dengan layanan mereka dan tanpa diragukan lagi menarik banyak pihak yang berkepentingan.

Mempromosikan acara

Memang benar bahwa blog pariwisata dan acara internasional merupakan sumber pendapatan yang sangat baik, itulah sebabnya sebagian besar penyelenggara acara  menggunakan kekuatan daya tarik sumber daya ini untuk mempromosikan karya mereka.

Temanya berkaitan sepenuhnya dengan acara, mereka menampilkan postingan dengan momen-momen sebelumnya dan persiapannya, presentasi dari semua pembicara, serta preview dari beberapa topik yang akan dilihat pada hari itu. Melalui itu, mereka juga mengumumkan kontes untuk memenangkan tiket dan hak istimewa lainnya untuk acara tersebut.

Temukan pekerjaan atau miliki reputasi sebagai ahli

LinkedIn adalah salah satu jejaring sosial paling populer dalam hal pemasaran pencarian kerja. Salah satu fitur utamanya adalah kesempatan untuk membuat seluruh resume dari posting di semacam blog atau profil pengguna, sehingga lebih mudah untuk menerima lamaran pekerjaan.

Ide utamanya adalah  untuk menunjukkan apa yang Anda ketahui bagaimana melakukannya sebagai seorang profesional  sehingga setiap kali perusahaan mencari nama Anda di Google, semua keterampilan yang Anda ajarkan dapat muncul di situs Anda. Misalnya, jika Anda ahli dalam SEO dan penentuan posisi, Anda dapat menulis artikel tentang alat yang Anda tahu cara menggunakannya, serta menunjukkan kisah sukses dengan strategi yang telah Anda terapkan.

Demikian juga,  ini juga memungkinkan Anda untuk membuat citra seorang ahli di sektor ini , sesuatu yang pasti dapat meningkatkan citra merek Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mulai membuat strategi pemasaran influencer dan menghasilkan keuntungan dari audiens yang Anda tarik di sektor ini.

Salah satu contoh terbaik dalam hal ini adalah Ana Mata, dia adalah seorang jurnalis yang membuat blog pribadi untuk menjelaskan strategi pemasaran dengan cara yang sangat santai. Berkat ini, dia mendapat pekerjaan sebagai guru di Sekolah Komunikasi Internasional.

Jenis blog

Berdasarkan berbagai cara Anda dapat menggunakan weblog, Anda dapat mengklasifikasikannya ke dalam jenis yang berbeda. Agar Anda tahu  cara mengelola konten dengan lebih baik , lihat cara menarik ini untuk mengklasifikasikannya.

Blog pribadi

Ini adalah pendahulu dari jenis blog lainnya , karena pada awalnya mereka digunakan sebagai blog pribadi. Mereka seperti semacam buku harian di mana orang biasa menceritakan pengalaman sehari-hari mereka. Seiring berjalannya waktu, pengalaman-pengalaman tersebut mulai menjadi saran dan rekomendasi bagi khalayak yang memiliki kesamaan dengan para penulis tersebut.

Dengan cara ini,  lahirlah strategi konten yang disebut storytelling , yang terdiri dari bercerita untuk terhubung dengan pengguna, sehingga lebih efektif untuk membuat proposal komersial yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Saat ini, ada banyak blog pribadi yang juga berkontribusi pada pengakuan tokoh-tokoh hebat seperti Pérez Hilton.

Blog profesional

Ini adalah bagaimana sumber daya digital dipanggil untuk mempublikasikan keterampilan seorang profesional. Ini seperti semacam daftar riwayat hidup, jadi sangat ideal untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi  juga merupakan sumber yang banyak digunakan untuk mempublikasikan merek pribadi .

Ini dibedakan dari tipe pribadi karena meskipun juga digunakan untuk menerbitkan posting saran, yang satu ini secara khusus menawarkan layanan profesional dan cenderung banyak membedakan merek dari sumber daya serupa lainnya di Internet.

Blog tematik

Seperti namanya, situs yang berbicara tentang topik tertentu dibedakan. Sebuah blog tematik juga dapat bersifat pribadi atau profesional pada saat yang sama, tetapi harus mengacu pada topik tertentu. Beberapa dari mereka ditujukan untuk media digital untuk melaporkan berita nasional dan internasional, acara, olahraga, musik, antara lain.

Metode untuk mendapatkan sumber daya ini adalah penjualan ruang iklan, meskipun ini juga dapat digunakan sebagai  sumber daya perusahaan untuk menginformasikan audiens pasar , terutama yang tertarik dengan produk baru atau teknologi inovatif.

Blog khusus

Mereka membidik ceruk pasar yang bisa disegmentasi bahkan dipersonalisasi, banyak di antaranya memiliki desain yang  bisa diatur sesuai minat pengguna . Biasanya, tipe ini berusaha  menghasilkan pendapatan melalui penjualan produk dan layanan .

Yang pertama didasarkan pada tema yang sangat spesifik, misalnya, pada gastronomi Italia, sedangkan tema niche makro bahkan lebih umum, misalnya, hanya pada gastronomi.

Apa yang harus dimiliki sebuah blog?

Blog web dapat menjadi alat yang mampu menarik ribuan pengguna di Internet, tetapi untuk menjamin hal itu terjadi, perlu memenuhi beberapa persyaratan.

Yang paling penting adalah memiliki optimasi SEO yang baik. Namun, strategi ini tidak akan bekerja secara maksimal tanpa bantuan beberapa alat. Di antara  beberapa sumber daya yang harus dimiliki sebuah blog  adalah sebagai berikut.

Desain web yang bagus : Saat ini, ada pengelola konten yang sangat intuitif, jadi tidak perlu mempekerjakan profesional untuk mendesain situs dari awal. Meskipun nyaman untuk bekerja dengan para ahli ini  untuk menyusun pengalaman penelusuran yang baik .

Demikian juga desain yang baik juga akan tergantung pada template yang digunakan. Ini harus mencerminkan tema yang akan terungkap.

Plugin : Mereka adalah alat penting untuk mengimplementasikan  fungsi yang biasanya tidak disertakan dalam pengelola konten . Beberapa dari mereka memungkinkan otomatisasi proses, terutama untuk menarik pelanggan baru. Mereka juga bagus untuk menghasilkan formulir atau alat di dalam situs yang memungkinkan penyimpanan data.

Alat berbagi : Berbagi di jejaring sosial sangat penting untuk mendorong lalu lintas ke situs, oleh karena itu perlu menyertakan alat seperti Sumome atau Divi’s Monarch untuk menerapkan ikon ini di setiap pos.

Sumber daya untuk menangkap prospek : Akhirnya, penangkapan prospek diperlukan untuk pertumbuhan bisnis dan merek pribadi. Alat-alat ini biasanya merupakan bagian dari sistem pengiriman seperti buletin, tetapi untuk mencapai pendaftaran pengguna ini,  strategi lain seperti pemasaran email dapat digunakan untuk mengubah mereka menjadi pelanggan  lebih cepat.

Terakhir, ingatlah bahwa untuk memposisikan blog di mesin telusur, yang akan menjadi salah satu saluran daya tarik pengguna terpenting untuk strategi Anda, Anda perlu  membuat konten yang berharga . Anda dapat menggunakan format teks, video atau audio, dalam keadaan apa pun,  konten harus memenuhi kebutuhan pengguna  dan menawarkan solusi yang layak.

Beberapa ahli percaya bahwa tidak perlu fokus sepenuhnya untuk mendapatkan kunjungan dan konversi. Yang paling penting adalah  fokus pada penelitian dan pemilihan informasi untuk dipublikasikan , karena ini akan menjadi langkah pertama untuk mendorong strategi sukses lainnya untuk blog.

 

Apa itu Blog dan Untuk Apa?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *